Contoh Perilaku yang Sesuai dan yang Tidak Sesuai dengan Karakteristik Penyesuaian yang Normal

Oleh Merry Mutiara

 

No

Karakteristik Penyesuaian yang Normal

Contoh yang Sesuai

Contoh yang Tidak Sesuai

1

Absence of excessive emotionality

Masalah dengan satu orang, marahnya hanya dengan orang itu saja. Tidak marah-marah kepada orang lain yang tidak terlibat masalah.

Masalah dengan satu orang, tapi marah-marah kesemua orang.

2

Absence of psychological mechanisme

Saat seseorang sedang frustasi/stress, dia bisa melakukan hal-hal yang positif untuk menghilangkan rasa stresnya tersebut. Misalnya saja dengan bersih-bersih kamar, mencuci,dsb.

Saat orang frustasi dalam menghadapi sebuah masalah sering kali mereka melukai diri mereka sendiri sebagai bentuk kekecewaan.


3

Absence of the sense of personal frustration

Jika apa yang dia butuhkan/diinginkan tidak terpenuhi, dia tidak frustasi/kecewa. Tapi menerima dengan lapang dada. Dan mungkin bisa mengidentifikasikannya kembali agar dia bisa mencoba kembali hal tersebut.

Jika apa yang dia butuhkan/diinginkan tidak terpenuhi, dia menjadi frustasi/kecewa. Dan dia tidak mau mencoba/ melakukan hal itu lagi.

4

Rational deliberation and self direction

Pada saat akan mengambil keputusan dalam menghadapi satu masalah, itu mesti dipertimbangkan dulu baik dan buruknya. Agar tidak menyesal nantinya.

Mengambil suatu keputusan dalam suatu masalah dengan tidak mempertimbangkan baik dan buruknya terlebih dahulu, bisa mengakibatkan penyesalan nantinya.

5

Ability to learn

Jika seseorang memiliki bakat, dia akan mencoba menyalurkan/mengembangkannya secara optimal, dan dia mau belajar dari nol untuk mengembangkan potensinya tersebut.

Jika seseorang memiliki bakat, dia tidak mau mencoba menyalurkan/mengembangkannya secara optimal, seolah dia tidak peduli dengan bakat yang dia miliki.

6

Utilization of past experience

Pengalaman masa lalu harus kita manfaatkan sebagai cerminan agar kita tidak terjerumus ke lubang yang sama untuk yang kesekian kalinya.

Pengalaman masa lalu tidak dimanfaatkan sebagai cerminan di masa sekarang, sehingga dia bisa terjerumus ke lubang yang sama untuk kesekian kalinya.

7

Realistic, objective attitude

Bisa menerima kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita. Dan kita tidak memaksakan diri kita agar bias ama seperti orang lain atau sama seperti orang yang kita kagumi.

Tidak bias menerima kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita. Dan berusaha agar dirinya tersebut bias sama dengan orang lain atau orang yang dia kagumi.

  1. nuhun,,,,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: